Selasa, 23 Desember 2008

Apa prioritasmu?


Apa prioritasmu?
“ Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius 6: 33).

Ada empat pertanyaan yang paling penting ditanyakan anak muda yaitu:
1. Siapa yang akan saya layani? Allah atau diri sendiri.
2. Aku mau jadi apa? Guru, pedagang, pendeta dll.
3. Dengan siapa aku menikah? Susi, Desi, Yanto, Abun dll.
4. Dimana aku tinggal? Di kota, pinggiran kota, desa dll.

Dalam dunia ini ada tiga pertanyaan yang membuat manusia merasa khawatir, yaitu seperti yang terulis dalam Matius 6 : 31
1. Apa yang akan kami makan?
2. Apa yang akan kami minum?
3. Apa yang akan kami pakai?

Tuhan Yesus berkata tiga pertanyaan kebutuhan dasar ini adalah pertanyaan-pertanyaan orang-orang yang tidak mengenal Allah, lebih heran lagi ternyata menurut Tuhan Yesus yang paling pertama (proton/Yunani) dalam hidup ini bukanlah kebutuhan perut, yang sifatnya jasmani tapi adalah pencarian akan hal yang rohani.

Apa prioritas pertama dalam hidup ini menurut Tuhan Yesus? Yaitu mencari dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya. Mencari dua hal yang sifatnya rohani ini adalah tujuan hidup, alasan hidup, makna hidup yang sejati. Orang pada dasarnya membutuhkan hal yang signifikan dalam hidupnya.

Apakah yang dimaksud dengan kata mencari disini? Kata mencari dari kata Yunani seteite yang dalam Alkitab bahasa Inggris diterjemahkan seek after, look for, yang artinya teruslah mencari, jangan berhenti mencari sampai ditemukan. Setelah kata mencari ada kata dahulu dari kata proton (Yunani), First (Inggris) yang artinya, pertama,utama, lebih didahulukan daripada yang lain.
Yang lebih dahulu dicari daripada yang lain disini ada dua hal yaitu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya. Apa maksud dari kerajaan Allah ini? Kerajaan Allah adalah pemerintahan Allah dimana Yesus mewakili pemerintahan Allah dibumi, Yesus Kristus sebagai pusat dan ruang lingkup diakuinya kedaulatan Allah. Kerajaan Allah oleh Yesus ada di dalam hatimu. Dia sebagai penguasa mutlak saat ini sampai nanti diwujudkan pada akhir jaman. Kerajaan Allah jelas-jelas bukan diwakili Lia Eden dan anaknya yang dikatakan sebagai penerima wahyu kerajaan Allah. Yesus Kristus yang disalibkan, mati dan bangkit pada hari yang ketiga 2008 tahun yang lalu dan akan datang kedua kalinya Dialah pusat dari Kerajaan Allah di bumi dan di surga, tidak ada nama yang lain (Kis 4:12).
Berikutnya hal rohani yang harus dicari lebih dahulu daripada yang lainnya yaitu kebenaran. Kata kebenaran disini dari kata dikaiosune (Yunani), righteousness (Inggris) mengandung arti pedoman-pedoman, tindakan-tindakan yang sesuai dengan kemauan-Nya. Kata kebenaran disini memiliki makna etis, nilai etika dari Kerajaan Allah.



Ciri-ciri orang yang mencari dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya yaitu :

1. Miskin dihadapan Allah ( Matius 5 :3).
Miskin dihadapan Allah artinya ketergantungan mutlak kepada Allah. Orang yang lebih dahulu mencari kerajaan Allah dan kebenarannya memiliki sikap miskin dihadapan Allah dan dengan bangga mengatakan :

I AM NOTHING BEFORE GOD!,
I AM NOTHING WITHOUT GOD!.
WITHOUT JESUS I CAN DO NOTHING!

2. Dianiaya oleh karena kebenaran ( Matius 5: 9-10). Ciri yang kedua dari orang yang mencari dahulu kerajaan Allah adalah memiliki sikap yang berani dianiaya oleh karena kebenaran, oleh karena menjalankan prinsip-prinsip, pedoman-pedoman, nilai-nilai luhur kerajaan Allah apapun resikonya. Orang pencari kerajaan Allah dan kebenarannya ini akan tampil berbeda dengan orang yang dikuasai paham materialisme, hedonisme, pragmatisme demi perut dan kebutuhan jasmani sejenisnya. Ketika orang-orang sekitarnya mencuri, korupsi, menipu, pesta pora, kompromi, para pencari kerajaan Allah dan kebenarannya itu lebih taat kepada firman Allah walaupun orang lain mengejek.

"Apa yang menjadi prioritas seseorang akan menunjukkan apa yang menjadi allahnya"

EV. JOHANNES SARAGIH
MANUSIA BARU DALAM KRISTUS MINISTRY
Johannessaragih.blogspot.com

Tidak ada komentar: