Minggu, 22 Agustus 2010

HIKMAH DARI TRAGEDI: BERTOBAT ATAU BINASA! Lukas 13 : 1-5

HIKMAH DARI TRAGEDI: BERTOBAT ATAU BINASA!
Tekt: Lukas 13:1-5 –TUJUAN: BERTOBAT SEKALI DAN TERUS BERTOBAT
( Dikotbahkan oleh Johannes Saragih Sth di GBI JL. Maria Goretti Sungailiat Bangka, Agustus 2010)
I. Pendahuluan
Pada akhir tahun 2004 lalu terjadi peristiwa Tsunami di Aceh dan Nias yang memakan korban sampai kurang lebih 200 ribu orang., Seandainya Yesus ada disini mungkin kita akan bertanya kepada-Nya: Tuhan Yesus, apakah Tuhan dengar ,banyak orang Aceh mati karena gempa tsunami? Kemudian Yesus menjawab : Sangkamu orang-orang Aceh ini lebih besar dosanya daripada dosa semua orang Aceh yang lain, karena mereka mengalami nasib itu? Atau sangkamu orang-orang yang tewas tertimbun tambang timah di Belinyu,lebih besar kesalahannya daripada kesalahan semua orang lain yang diam di Bangka? Tidak! Tidak! KataKu kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.”
Kalau kita mendengar berita tentang kematian yang mengerikan yang di alami ORANG-ORANG AKIBAT BENCANA maka kita sering menganggap bahwa orang –orang itu mengalami hal itu sebagai hukuman dari Tuhan, karena mereka sangat berdosa di hadapan Tuhan, atau lebih berdosa dibandingkan dengan orang lain.
Pandangan seperti ini sudah ada pada jaman dulu. Pada jaman Tuhan Yesus ada pandangan yang umum yang mengatakan bahwa orang benar / saleh pasti akan diberkati Tuhan sehingga akan selamat dan baik-baik saja. Sehingga kalau seseorang terkena bencana yang hebat, apalagi mengalami kematian yang mengerikan, itu membuktikan bahwa Tuhan tidak berkenan akan hidup orang itu dan karena itu Tuhan memberikan bencana / kematian itu sebagai hukuman. Begitulah dalam bacaan kita Luk 13:1-5 ini diceritakan tentang 2 buah peristiwa tragedy atau malapetaka,bencana,yang menun-jukkan bahwa banyak orang mempunyai pandangan seperti itu:
1) Peristiwa yang diceritakan beberapa orang kepada Yesus, dimana ada orang-orang Galilea yang dibunuh oleh Pilatus ( baca ay. 1). Mungkin sekali orang-orang Galilea itu sedang mempersembahkan kor-ban binatang di Bait Allah ketika mereka dibantai oleh tentara yang disuruh oleh Pilatus, sehingga darah mereka tertumpah ke mezbah dan bercampur dengan darah dari binatang yang sedang dikorbankan kepada Tuhan. Dari jawaban Yesus dalam ay 2-3 sangkamu…terlihat bahwa pada saat orang-orang itu menceritakannya, mereka mempunyai anggapan bahwa: orang-orang itu mengalami kematian yang mengerikan karena hukum-an Tuhan atas dosa-dosa mereka yang luar biasa hebatnya. kalau mereka sendiri (orang-orang yang menceritakan peristiwa itu kepada Yesus) sekarang masih hidup dan tidak mengalami nasib seperti orang-orang yang dibantai Pilatus, itu menunjukkan bahwa mereka lebih baik hidupnya dari orang-orang yang mati secara mengerikan itu.
2) Peristiwa 18 orang yang mati ditimpa menara di kolam Siloam (ay 4).baca ayat 4:
Peristiwa ini diceritakan oleh Yesus sendiri sebagai tambahan atas cerita yang pertama tadi, karena Ia tahu bahwa sekalipun kedua peristiwa itu mempunyai perbedaan (pada peristiwa pertama orang-orang itu mati dibunuh, sedangkan pada peristiwa kedua orang-orang itu mati karena kecelakaan:, “berada di tempat yg salah pada waktu yg salah,” ) tetapi orang-orang itu mempunyai penafsiran yang sama terhadap peristiwa ini, yaitu bahwa orang-orang itu mati karena dosa mereka yang hebat. Benarkah mereka lebih berat dosanya?
3) Pandangan Tuhan Yesus.
1) Tuhan Yesus tidak menyetujui pandangan yang mengatakan bahwa orang2 yang mengalami kematian yang mengerikan pasti adalah orang yang sangat berdosa sehingga dihukum oleh Tuhan dengan cara itu. Ini terlihat dari kata-kata: ‘Tidak! KataKu kepadamu’, yang Ia katakan sampai 2 kali ( ay 3,5). Apakah orang-orang yang mengalami bencana karena lebih banyak dosanya? Kita tahu banyak orang jahat,berdosa,hidupnya lancer-lancar saja,sehat,makmur,panjang umur, dan ada sejumlah orang yg baik-baik (menuru pandangan manusia, menurut Tuhan tidak ada orang yg baik,semua telah berdosa) mati dalam bencana yg mengerikan,ditabrak mobil,kecelakaan kereta api,pesawat jatuh,bahkan disambar petir. Dalam bacaan ini Yesus menjawab pertanyaan itu tanpa kompromi: Tidak! Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.” Pandangan umum seperti itu sudah ada sejak dulu kala, seperti pada waktu Ayub menderita / terkena bencana yang hebat,anak-anaknya mati,hasil ldangnya musnah,ternak-ternaknya hilang, dan sakit-sakitan, teman-teman-nya yaitu Elifas,menganggap bahwa Ayub hidup sangat berdosa dan menyuruhnya bertobat (bdk. Ayub 4:7 ;22:4-10),padahal dalam pasal 1 dikatakan Ayub itu saleh dan jujur,takut akan Allah dan menjauhi kejahatan, Juga dalam Yoh 9:2 ketika murid-murid Yesus melihat orang yang buta sejak lahirnya, mereka bertanya kepada Yesus: ‘Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?’ Jawab Yesus: Bukan dia dan bukan juga orangtuanya,tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan didalam dia. Matthew Henry: We cannot judge of men’s sins by their suffering in this world! Penderitaan itu universal.Sering tidak pandang bulu. PULPIT: Nasib dari orang yang mati bukanlah bukti adanya dosa khusus, tetapi merupakan panggilan bertobat yang nyata yang ditujukan kepada orang-orang yang masih hidup, bencana-bencana yang mengerikan itu diijinkan untuk terjadi bukan supaya kita bisa dengan keras mengkritik kelakuan orang yang sudah mati, tetapi supaya kita yang masih hidup dengan teliti memeriksa kembali kelakuan kita, dan bertobat di hadapan Allah).
II.Apa maksud utama dari Tuhan Yesus dalam bacaan ini? Maksud utama Yesus dalam bacaan ini adalah pada ayat 3 dan 5, "! KataKu kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian (diulang dua kali:sangat penting).
Saya akan focus pada ayat 3 dan 5 ini (kalimat yg sama),kita akan belajar empat kata penting:
SEMUA, ATAS CARA DEMIKIAN, BINASA,BERTOBAT.
1. SEMUA
KataKu kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian
Dari jawaban Yesus dalam ay 2-3,sangk amu mereka lebih besar dosanya … terlihat bahwa pada saat orang-orang itu menceritakannya, mereka mempunyai anggapan bahwa:orang-orang itu mengalami kematian yang mengerikan karena hukum-an Tuhan atas dosa-dosa mereka yang luar biasa hebatnya. kalau mereka sendiri (orang-orang yang menceritakan peristiwa itu kepada Yesus) sekarang masih hidup dan tidak mengalami nasib seperti orang-orang yang dibantai Pilatus, itu menunjukkan bahwa mereka lebih baik hidupnya dari orang-orang yang mati secara mengerikan itu.
Tapi Yesus menjawab: Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian Yesus mengatakan bahwa semua MANUSIA adalah orang berdosa, dalAM bahaya YG SAMA mengalami kebinasaan dank arena itu perlu bertobat, kebenaran ini digemakan oleh Paulus dalam ROMA 3:23; Semua orang telah berbuat dosa, dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan ay.10 Tidak ada yg benar seorangpun tidak! All need repentance. Just as all need to be born again (John
3:7), so all must repent because all are sinner,
Jhon Piper mengatakan : Hal yang mengherankan di dunia ini adalah bukanlah orang-orang berdosa yg bersalah itu mengalami bencana, tetapi yang mengherankan adalah Allah itu lambat untuk marah sehingga engkau dan saya bisa duduk disini (malam ini) dan memiliki satu lagi kesempatan untuk bertobat. Arthur : Pertanyaannya bukanlah mengapa Allah mengukum mati penduduk Sodom dan Gomora ,mengirim tulah kepada orang-orang Mesir tapi mengapa Allah masih sabar,berbelas kasihan,membiarkan kita SEMUA orang yang berdosa dan bersalah ini masih bernafas,tertawa,bekerja,bersenangsenang? Jawabanya adalah untuk memberikan kita semua orang berdosa kesempatan untuk bertobat, tidak mengalami kebinasaan.
2,ATAS CARA DEMIKIAN
KataKu kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.

Apa maksud “binasa atas cara demikian? Atas cara demikian artinya jika orang itu tidak bertobat mereka pasti binasa,dan juga maksudnya bukan dalam arti cara binasa yg sama (disembelih di dalam bait Allah,tetrimpa menara samapai mati) tapi sama dalam arti orang itu akan mengalami kengerian yg tidak pernah dibayangkan sebelumnya,disangka-disangka,tiba-tiba, dan ketika kematian itu datang orang itu tidak siap menghadapinya. Kecuali kalau orang itu (sudah)bertobat dia tidak akan terkejut ketika kematian datang. Mati adalah untung, Hidup adalah Kristus kata Paulus. Kenyataannya banyak orang tidak siap dan masih ingin senang-senang di dunia ini, tidak mau bertobat,ini sudah dinubuatkan dalam Baca Lukas 17:26-30 ; Dan sama seperti terjadi pada jaman Nuh… Hanya orang yang sudah bertobatlah yang siap bertemu Tuhan, kapanpun,bagaimanapun caranya kematian menjemputnya!!!
3.BINASA
KataKu kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian Apa maksud kata binasa ini?Maksud Yesus dgn kata Binasa disini bukanlah mati secara fisik, semua orang pasti mati secara fisik (masuk kuburan), kisten dan nonkristen, bedanya orang yg bertobat mati hanya satu kali setelah itu dibangkitkan dan megalami hidup kekal bersama Yesus,tapi orang yg tidak bertobat akan mengalami kematian yg kedua ,,ditetapkan orang itu mati hanya satu kali saja setelah itu dihakimi yaitu dalam hukuman kekal yang mengerikan, seperti idigambar dalam Wahyu 21: 8. {baca:} Kata binasa dalam arti hukuman kekal terdapat dalam Yoh 3: 16 Karena beigtu besar kasih Allah akan dunia ini,sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya y tunggal, supaya setiap orang yg percaya tidak binasa. Jadi kalau anda bertobat anda tidak akan binasa. Dan dalam Yoh 10:28 Yesus says, Aku memberikan hidup yg kekal kepada mereka dan mereka pasti tidakakan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Baca juga 1 Kor 1:18;1 Kor 15:17-18;;Mat25:46.(penghakiman terakhir: yg bersalah masuk tempat siksaaan kekal,orang benar ke dalam hidup kekal. Jadi kata binasa yg dimaksud Yesus disini adalah hukuman kekal akibat dosa yg akan dialami orang jika mereka tidak bertobat kepada Yesus.. Dosa adalah dosa. Setiap dosa adalah melawan Allah dan cukup satu dosa saja sudah bisa melemparkan kita ke neraka. Yang mengerikan ketika kita berdosa bukan kita merasa kotor tapi kita akan dihukum.Dan kita semua telah berbuat dosa,dan berdosa setiap hari. JIKA ENGKAU TIDAK BERTOBAT ENGKAU SEMUA AKAN BINASA ATAS CARA DEMIKIAN!
4.BERTOBAT KataKu kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian
Orang-orang Israel yang berbicara kepada Yesus itu disuruh bertobat? Bukankah mereka keturunan Abraham? Anak-anak Perjanjian, Umat pilihan Allah, diberkati,mereka tahu Kitab Taurat Musa,beragama? Tapi Yesus memerintahkan kepada mereka untuk bertobat! Memang Yesus datang ke dunia ini untuk memberitakan berita pertobatan,pertama kepada bangsa Yahudi dan ke seluruh banga melalui pelayanan murid-murid-Nya. Kotbah Yesus yg pertama adalah : Bertobatlah, sebab Kerajaan Allah sudah dekat (Mat 4:17) Baca. di Matius 3:7-9 beberapa orang yang beragama percaya bahwa mereka akan ke surga karena mereka adalah keturunan Abraham, bapak dari orang-orang Yahudi. Allah sendiri telah memilih bangsa Yahudi dan mendirikan agama mereka. Mereka percaya bahwa karena mereka penganut agama yang benar, mereka akan masuk ke surga. Yohanes Pembaptis berkata pada mereka bahwa mereka harus bertobat. Artinya, mereka harus berhenti menaruh kepercayaan pada agamanya untuk masuk ke surge. Perintah Yesus kepada orang Yahudi untuk bertobat adalah sangat dibenci oleh mereka,begitu juga Yoh Pembaptis ,karena itulah mereka selalu berusaha untuk membunuh Yesus dan itu terjadi. Aoa arti kata Bertobat dalam ayat 3 dan 5 ? Bertobat dari kata kerja dasar metanoeo artinya: perubahan pikiran yang menghasilkan perubahan hidup., perubahan 180 derajat, berbalik dari dosa menuju iman kepada Yesus Kristus.
Pertobatan mempunyai 2 aspek. Ini bisa terlihat karena kata ‘bertobat’ dalam ay 3 berbeda dengan kata ‘bertobat’ dalam ay 5.
Kata ‘bertobat’ yang dipakai dalam ay 3 diterjemahkan dari kata Yunani METANOETE, yang ada dalam bentuk present imperative (= kata perintah dalam bentuk present / sekarang), dan ini menunjukkan suatu perintah yang harus ditaati terus menerus. Sedangkan kata ‘bertobat’ dalam ay 5 diterjemahkan dari kata Yunani METANOESATE, yang ada dalam bentuk aorist imperative (= kata perintah dalam bentuk aorist / lampau), dan ini merupakan suatu perintah yang hanya perlu ditaati satu kali saja.
Ini menunjukkan bahwa pertobatan sejati selalu mempunyai 2 aspek: DULU DAN SEKARANG
Datang dan percaya kepada Yesus dan menerimaNya sebagai Juruselamat Penebus dosa,Tuhan Allah,Ini hanya perlu dilakukan 1 x seumur hidup!
Kristen adalah satu-satunya agama yang mengajarkan adanya Juruselamat / Penebus (orang yang membayar hutang dosa saudara). Dalam agama-agama lain, manusia harus berusaha membayar hutang dosanya sendiri dengan kekuatan dan usahanya sendiri! Tetapi kekristenan mengajarkan bahwa Allah sendiri telah menger-jakan keselamatan untuk kita yaitu dengan jalan menjadi manusia dan mati di salib untuk menebus dosa kita. Dan karena Allah telah selesai mengerjakan keselamatan bagi kita, maka tidak ada lagi usaha yang perlu kita lakukan untuk selamat. Kita hanya perlu percaya bahwa Yesus telah mengerjakan semua itu bagi kita! Sudah selesai!Tetapi ingat bahwa sekalipun ini kelihatannya merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, tetapi ini bukanlah sesuatu yang remeh, karena kalau saudara tidak melakukannya, saudara pasti akan binasa / masuk ke neraka! Sudahkah saudara datang dan percaya kepada Yesus sebagai Juruselamat / Penebus dosa saudara? PERHATIKAN SAUDARA: 99% YESUS + 1% ANDA =NERAKA TAPI 100% YESUS + 0 Anda= SURGA. ITULAH ARTINYA KESELAMATAN ADALAH ANUGERAH OLEH IMAN BUKAN USAHA MANUSIA (Ef 2:8-9)
Aspek kedua: METANOETE:: PERTOBATAN SETIAP HARI! MILIKI GAIRAH UNTUK BERUBAH SETIAP HARI! BERTUMBUH SETIAP HARI TAHAP DEMI TAHAP!JANGAN MENJADI KRISTEN TANPA PERTOBATAN SETIAP HARI! TANPA GAIRAH UNTUK BERUBAH! BERUBAH ATAU MATI!BERTOBAT ATAU BINASA !ORANG YG MENGALAMI KELAHIRAN BARU ,LAHIR DARI ATAS OLEH ROH KUDUS PASTI SEGERA BERUBAH! ORANG YG BERTOBAT ITU PASTI SUDAH MENGALAMI KELAHIRAN BARU! KELAHIRAN BARU DAN PERTOBATAN DAN IMAN BERJALAN SEIRING Mari ! Dengan pertolongan Roh Kudus dan FT Senantiasa berusaha BERJUANG MELAWAN KUASA dosa, baik dosa aktif (melakukan apa yang dilarang oleh Tuhan), maupun dosa pasif (tidak melakukan apa yang diperintahkan oleh Tuhan), Khususnya untuk anda yang sudah percaya kepada Yesus, (pertobatan awal) berkabunglah akan dosa-dosamu baik yg dulu,atau SEKARANG ,kecenderungan untuk berbuat berdosa,bencilah dosa,lawan dosa bersama Roh Kudus,Perangi dosa dengan perisai iman, AKUI DOSA-dosamu dihadapan Allah,Berjanji untuk Bertobat ,Stop dari perbuatan dosa sekarang!, BERTOBAT ATAU BINASA! Yesus berkata kepada perempuan yg berjinah: Akupun tidak menghukum engkau, pergilah dan jangan berbuat dosa lagi! Masih ada kesempatan,belas kasihan,penundaan dari ALLAH MAHA KUASA SEHINNGA KITA MASIH BERNAFAS SAAT INI YAITU MAKSUDNYA ADALAH panggilan AGAR KITA BERTOBAT! SAUDARA2, TRAGEDI YANG MENGERIKAN BUKANLAH ENGKAU MATI DISEMBELIH DI BAIT ALLAH, TRAGEDI YG MENGERIKAN BUKANLAH ENGKAU TEWAS TERTIMPA MENARA, TRAGEDI YANG BENAR-BENAR MENGERIKAN ADALAH KETIKA ENGKAU MATI ENGKAU TIDAK BERTOBAT,ENGKAU BINASA SELAMANYA DI NERAKA! Amin.

(REFERENSI: PDT BUDI ASALI, Pst JHON PIPER, Pst JHON MAC ARTHUR, MATTHEW HENRY Commentary, hasil bowsing dari internet, dll.)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

luar biasa pengalaman cara bertobat yang patut kami pembaca tiru

karang mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
karang mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.